Senin, 14 Oktober 2013

dasar-dasar ilmu sejarah

1. a. apakah yang dimaksud dengan fakta?
Jawab: Fakta (bahasa Latin: factus) ialah segala sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Catatan atas pengumpulan fakta disebut data.1
Fakta-fakta dalam sejarah tidak dapat diperoleh dari hal-hal yang tersedia  seperti ilmu-ilmu lain, tetapi fakta diperoleh dengan cara menganalisis dan menyimpulkan bukti-bukti (evidence) dan data-data sejarah.2
b. apakah yang dimaksud dengan imajinasi?
Jawab : manusia deanugerahi oleh Tuhan berupa akal yang kemudian digunakan untuk berpikir, berimajinasi dan berlogika. Berimajinasi ialah mengkhayalkan sesuatu yang menurut akal manusia tidak mungkin terjadi.3
c. bagaimana hubungan antara imajinasi dengan fakta?
Jawab :Banyak ahli sejarah, terkejut dan kaget, ketika ternyata konsep nasionalisme, dan realitas bangsa adalah imajinasi, sebagaimana dikatakan Ben Anderson4,dan kebanyakkan para sejarahwan positivisme menolaknya dengan keras. Namun Ben paling tidak telah menghadirkan persoalan yang mendasar. Hal ini diulas dengan pertanyaan yang tajam oleh Kleden 5 bahwa apakah bangsa itu pada dasarnya suatu fakta atau fiksi belaka? Kalau dia hanya dalam imajinasi bukankah bangsa itu suatu fiksi belaka? Tetapi anehnya beribu-ribu bahkan berjuta-juta orang telah gugur untuk mempertahankan fiksi tersebut.
Contoh :tokoh Erik H.Erikson dalam karyanya yang berjudul Young Man Luther : A Study in Psychoanalysis and History, 1958
2. a. bagaimana hubungan antara sejarah dengan psikologi?
Jawab:bahwa pengetahuan psikologi sangat berguna bagi para peneliti sejarah untuk mengkaji berbagai aspek perilaku manusia pada masa lalu. Psikologi untuk pengkajian sejarah ini ada 2 macam yaitu psikologi kelompok dan individual yang kemudian masingng-masing melahirkan cabang-cabang sejarah yang mengkaji dan menganalisis kelompok-kelompok manusia dan individu pada masa silam. Cabang pertama disebut “sejarah mentalitas” dan cabang kedua disebut “psikohistory”.
b. bagaimana hubungan antara sejarah dengan sosiologi?
Jawab : ruang lingkup sejarah social  cukup luas, segala lapisan masyrakat dari tingkat atas sampai lapisan bawah.
Contoh: tulisan Prof. Sartono Kartodirjo dalam karyanya yang berjudul “ Pemberontakan Petani Banten 1888 ‘1966.
c. bagaimana hubungan antara sejarah dengan politik?
Jawab: sebagai konsekuensi dari adanya Sejarah Baru, sejarah politik menurut model Sejarah Lama yang mengutamakan diplomasi dan perang serta peranan tokoh besar sudah tidak memuaskan para sejarawan. Pemaparan deskriptif-naratif dalam sejarah politik dirubah dengan analisis kritis-ilmiah karena sejarah politik model baru.
Contoh: karya Alfian dengan judul “ Islamic Modernism In Indonesian Politics : The Muhammadiyah During Colonial Period”, 1970.
3. bagaimanakah kegunaan sejarah menurut Kuntowijoyo dan Nugroho Notosusanto, analisislah!
Jawab: Menurut Nugroho Notosusanto kegunaan sejarah adalah guna rekreatif, guna inspiratif, guna intruktif, dan guna edukatif.
1. Fungsi dan Guna Edukatif (sebagai pelajaran)
· Dengan belajar sejarah dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan keseharian bagi setiap
manusia. Kejadian yang telah terjadi dan pernah dilakukan di masa lampau akan dijadikan pengalaman bagi suatu bangsa untuk melangkah lebih lanjut. Pengalaman tersebut dapat yang dialami sendiri maupun pengalaman dari generasi sebelumnya.
· Sejarah sebenarnya merupakan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari manusia sehingga dengan belajar dari sejarah manusia dapat mengembangkan potensinya dan menjadi lebih bijaksana dan arif dari peristiwa yang dialami di masa lalu guna menghadapi masa depan dan menjadi petunjuk dalam berperilaku.
Contoh :
Membaca dan melihat kejadian tragedi Mei 1998 membuat kita belajar dari peristiwa tersebut, misalnya dari peristiwa tersebut terdapat kebebasan setiap orang untuk berpendapat tapi peristiwa tersebut banyak memberikan dampak negatif bagi bangsa Indonesia.

2. Fungsi dan Guna Inspiratif
Sejarah dapat memberikan inspirasi melalui berbagai karya sejarah yang dibaca oleh pembacanya maupun berbagai peristiwa sejarah yang dipelajarinya serta didengarnya.
Karya sejarah memberikan inspirasi kepada para pembacanya atau yang mempelajarinya biasanya berkisar tentang perjuangan para pahlawan menentang penjajahan. Ataupun tindakan kepahlawanan dan peristiwa-peristiwa gemilang masa lampau yang dapat mengilhami perjuangan kita sekarang.
Contoh :
· Pendidikan untuk kaum wanita yang dilakukan oleh Kartini memberikan inspirasi kepada dewi Sartika untuk membangun sekolah-sekolah wanita demi kemajuan bangsa
· Penyatuan Nusantara oleh Gajah Mada di bawah pemerintahan kerajaan Majapahit memberi inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk senantiasa bersatu menjaga wilayahnya dari ancaman disintegrasi bangsa.

3. Fungsi dan Guna Instruktif
Sejarah digunakan untuk membantu menyampaikan suatu ilmu pengetahuan atau keterampilan, dalam suatu proses pembelajaran kepada subjek belajar.
Contoh :
· Ketika berbicara mengenai pemerintahan di Indonesia kita pasti akan memasukkan unsur sejarah didalamnya sebagai upaya untuk dapat membantu menyampaikan dengan baik.
· Ketika pelajaran biologi berbicara mengenai proses evolusi pasti membutuhkan ilmu bantu sejarah untuk menyampikannya

4. Fungsi dan Guna Rekreatif
- Dengan membaca seseorang mengetahui keadaan mengenai suatu peristiwa yang terjadi di suatu wilayah tanpa ia harus pergi dan melihat ke tempat terjadinya. Kita cukup membutuhkan imajinasi untuk membayangkan kejadiannya. Sehingga seolah-olah dia dapat berekreasi ke masa lalu dan berpetualang menembus dimensi ruang dan waktu.
- Kita dibawa oleh sejarah untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa yang jauh dari kita, yang mungkin saja kita tidak tahu tempatnya sehingga seolah-olah seseorang sedang berekreasi ke suasana yang lalu.
Contoh :
Ketika kita membaca mengenai kebudayaan Yunani-Romawi Kuno, kita bisa membayangkan bagaimana keadaan disana dengan berbagai peninggalan kebudayaan yang sangat megah. Kita dapat mengetahui tanpa harus menyaksikan sendiri daerah tersebut. Kita dapat mengetahui cara hidup, kebiasaan, tindakan, hasil karya, bentuk istana masa lampau.

Selain keempat guna tersebut sejarah juga dapat sebagai Alat Politik Penguasa
Yaitu bahwa Sejarah seringkali dijadikan sebagai alat politik rezim (sistem pemerintahan) yang sedang berkuasa terutama rezim totaliter.
4. ilmu Bantu sejarah yang lain?
Jawab:
Dalam penyusunannya, ilmu sejarah dibantu oleh ilmu-ilmu lain, seperti:
1. Paleontologi ( ilmu yang mempelajari tentang kehidupan pada zaman tua/purbakala),
2. Arkeologi (ilmu yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah dan purbakala yang digunakan untuk merekonstruksi atau menyusun kembali kehidupan manusia pada masa lampau),
3. Palaeoantropologi ( cabang ilmu antropologi yang mempelajari asal usul terjadinya perkembangan manusia dengan objek penelitiannya berupa sisa-sisa fosil manusia purba).
4. Numismatik (ilmu yang meneliti tentang mata uang),
5. Epigrafi (ilmu tentang tulisan kuno),
6. Geologi ( ilmu tentang komposis, struktur, dan sejarah bumi),
7. Topografi (ilmu tentang keadaan muka bumi), dan lain-lain.
,Dani Vardiansyah.(2008).  Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar,.Jakarta : Indeks, hal 3.
 Prof.Dr. Helius.S.(1996). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Depdikbud, hal 133.
 Louis Gottschalk. (1986). Mengerti Sejarah. (a.b. Nugroho Notosusanto). Jakarta: UI Press. hlm 17
 Anderson, Benedict. (2001). Komunitas-komunitas Imajiner Renungan tentang Asal-usul, dan Penyebaran Masionalisme. Terj. Omi Intan Naomi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar,  hal 11.
 Kleden, Ignas. (2004). Sastra dalam Enam Pertanyaan. Jakarta: Grafiiti, hal 432-433.
 Ankersmit, F.R.(1987). Refleksi Tentang Sejarah: Pendapat-Pendapat Modern Tentang Filsafat Sejarah, Terj. Dick Hartono, Jakarta : PT Gramedia, hal 256.
 Op.CitProf.Dr. Helius.S , hal 126.
 Ibid, hal 129
 Notosusanto, Nugroho.(1992). Sejarah Nasional Indonesia.Jakarta :Depdibud, hal 10.
 Ibid, hal 77-102
Daftar Pustaka
Anderson, Benedict. (2001). Komunitas-komunitas Imajiner Renungan tentang Asal-usul, dan Penyebaran Masionalisme. Terj. Omi Intan Naomi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Ankersmit, F.R.(1987). Refleksi Tentang Sejarah: Pendapat-Pendapat Modern Tentang Filsafat Sejarah, Terj. Dick Hartono, Jakarta : PT Gramedia.
Dani Vardiansyah.(2008).  Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar,.Jakarta : Indeks.
Kleden, Ignas. (2004). Sastra dalam Enam Pertanyaan. Jakarta: Grafiiti.
Louis Gottschalk. (1986). Mengerti Sejarah. (a.b. Nugroho Notosusanto). Jakarta: UI Press.
Prof.Dr. Helius.S.(1996). Pengantar Ilmu Sejarah. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar