Senin, 14 Oktober 2013

Keyakinan, Religi, dan Identitas Muslim di Inggris

Keyakinan, Religi, dan Identitas Muslim di Inggris
Di Eropa Abad Pertengahan Islam memberikan banyak kontribusi yang besar pada rasionalisme, sekularisme, dan modernitas pemikiran Barat. Akan tetapi keberadaan Islam saat ini di Eropa yaitu fenomena terkini yang sedang berlangsung.dimulai pada era 1960-an hingga saat ini.
Persepsi umum saat ini adalah bahwa umat Islam di Inggris, dan tempat lain di Eropa, menyajikan teka-teki mengenai kebijakan demokrasi sekuler liberal. Sampai pertengahan 1990-an, konflik utama di Eropa Barat adalah antara politik ras dan keyakinan. Di Inggris, 1988-89 Rusdhie mengemukakan suatu pendapa mengenai suatu  hubungan ras sebagai suatu kategori "Asia" yang dibagi berdasarkan garis agama, tetapi pada saat yang sama pernyataan religius seperti tampak keluar dari tempat di permukiman bermacam-macam budaya.
Setiap perluasan bermacam-macam budaya di  Eropa termasuk Islam yang pada saat ini terjebak dalam kampanye global setelah 9 / 11, yang dikenal sampai saat ini sebagai "perang melawan teror", dan sekarang dijuluki "perang melawan ekstremismeoleh Washington pada bulan Juli 2005. Namun untuk sebagian besardalam buku ini mencerminkan keadaan sebelum peristiwa 9/11 , yang pada saat ini perdebatannya belum sepenuhnya berakhir dalam sebuah titik perdamaian. Pertanyaannya tidak lagi-didalam konteks ke-Inggris-an atau sebagai manusia kulit hitam baru atau orang-orang Yahudi baru.
Sepanjang buku ini, Modood terus kembali ke cerita tentang kegiatan  anti-rasis di Inggris sebagai titik awal dan berhati-hati dalam pembuatan grafik pergeseran dari identitas asertif reaktif, warna, atau perlawanan terhadap rasisme ,penegasan identitas budaya di ruang publik. Penegasan "kebanggaan hitam" pada tahun 1980 dalam sebuah perbedaan sejarah yang sangat besar dari masyarakat Asia dan Modood berpendapat bahwa beberapa anti-rasis yang tidak terhubung dari tuntutan sebuah budaya dan agama di antara masyarakat Asia dalam dekade yang sama. Modood berpendapat bahwa kecenderungan untuk meniru strategi yang digunakan oleh kelompok-kelompok minoritas lainnya dalam kaitannya dengan Anglo-Amerika pdalam identitas politik.
 Pada bagian kedua dari bukuModood menetapkan dalam  mengatasi dampak dari politik identitas Muslim pada perdebatan sekitar kesetaraan dan multikulturalismesekularismeliberalisme dan milik nasional. Dalam tradisi filsuf Amerika Utara politik seperti Iris Marion Young dan Charles TaylorModood berpendapat bahwa multikulturalisme adalah penyampaian  gagasan liberal "kesetaraan" jauh dari budaya dan pendekatan hak-hak sipil ke salah satu pengakuannya bahwa pandangan publik  dalam perbedaan budaya sebagai sesuatu yang penting . Titik berat  Modood adalah bahwa ketegasan Muslim adalah bagian dari penegasan umum perbedaan di ruang publik yang menjelaskan  multikulturalisme itu sendiri.
Modood juga berpendapat bahwa liberalisme telah tergambarkan dalam dirinya untuk mengakomodasi apa yang akan dijelaskannnya dalam sebuah kelompok liberal. Modood bertanya apakah liberalisme dipersiapkan tidak hanya untuk munculnya identitas hibrida tapi untuk kegigihan etno-religius yang konservatif juga. Sebagian besar wilayah Eropa Utara mungkin belum siap untuk menerima kegigihan ini, sebuah contoh utama dari Belanda setelah munculnya pemilihan Lijst Pim Fortuyn dan Theo van Gogh pembunuhan. Ini adalah yang paling ditandai dalam sebuah perjalanan  Prancis ke pemahaman diri yang lebih kaku dari Republikanisme kedalam sebuah sekuler ,terfokus pada isu jilbab di sekolah umum.
One girl attended the school for several years, and like many of the female students, she wore a head-scarf only at school. However, some time after graduating, she decided that she would wear the hijab ‘full time’. Her parents, who had nonetheless chosen to send her to the school.
Modood menyimpulkan rangkaian dari refleksi dengan meditasi pada kebutuhan untuk menekankan dan memperluas definisi liberalisme multikultural yang memungkinkan untuk keragaman budaya yang besar dalam pemahaman tentang hak dan pertanggungjawabandan yang cukup kuat untuk menginformasikan kewarganegaraan multikulturalJadi Modood berpendapat hak untuk menuntut kebutuhan milik nasional akan kembali dibayangkan juga dalam rangka untuk memberikan beberapa peranan emosional  yang mengikat seluruh perbedaan sosialdan bukan hanya sebagai kewajiban warga negara tujuan terbaik , dan dengan demikian ini semacam keterlibatan kembali menghadapi beberapa tantangan serius. Tanpa ejaan itu sepenuhnyaini skala besar proses meliputi:
Globalisasi kebudayaan dan ekonomi
Komoditas kebudayaan yang berarti adanya komunikasi antar media massa 
Dampak buruk dari “ perang melawan teroris” dan dari al-Qaeda dimana kaum minoritas mUslim yang tinggal di Negara Barat yang bebas berdemokrasi.
Di samping kerangka teoritis di atas, pembaruan identitas Muslim juga tampak jelas. Diskriminasi kerap muncul akibat pemahaman yang tidak menyeluruh terhadap Islam. Sehingga memunculkan kelompok-kelompok Muslim  yang tidentitas mereka sebagai seorang Muslim. Di Inggris , terdapat  gerakan tradisional  yang sangat berpengaruh  seperti Federasi Himpunan Mahasiswa Islam yang secara serius mereka melawan diskriminasi terhadap kaum minoritas Islam.
Daftar Pustaka
Birt,Yahya .(2005). Muslim World Book Review, Volume 26 No 1 Auntum 2005   ” Muslims and the Politics of Race and Faith in Britain and Europe”. UK:The Islamic Foundation
Johnstone. (1986). Millet or Minority: Muslims in Britain, Bedford Park
Patricia Kelly.(1999). Islam And Christian-Muslim Relations, Volume 10 No. 2 July 1999 “ Integration And Identity In Muslim Schools : Britain, United States  And Montreal”. UK:Carfax Publishing
Ramadan Tariq, (1999).Teologi Dialog Islam-Barat : Pergumulan Muslim Eropa.Terj.Abdullah Ali. Bandung: Mizan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar