Senin, 14 Oktober 2013

nasionalisme

LATAR BELAKANG NASIONALISME
Nasionalisme di Indonesia Lahir berdasar persamaan nasib, karena pernah dijajah oleh bangsa Barat meskipun bersifat kesukuan. Abad ke 20 merupakan abad nasionalisme. Nasionalisme di Indonesia mencapai titik puncak setelah perang dunia II yaitu setelah diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia. Nasionalisme di Indonesia murni merupakan bentuk perlawanan terhadap kolonialisme Belanda. Nasionalisme tumbuh melalui keinginan bersama yang didasari oleh persamaan kepentingan untuk melawan tekanan-tekanan belanda.
Nasionalisme Eropa; Terjadi pada masa transisi, dari masyarakat feodal ke masyarakat industri yang didahului dengan adanya kapitalisme dan liberalisme. Kekuasaan feodal seperti raja, bangsawan dan gereja lambat laun tidak mampu menghadapi desakan golongan baru di perkotaan yang menguasai perdagangan dan industri. Terjadilah kerjasama antara penduduk kota pemilik modal dalam mengatur industrinya dan cendekiawan dengan penemuannya berupa tehnologi modern. Kolaborasi keduanya menimbulkan adanya “Revolusi Industri”, dengan demikian kekuasaan kaum feodal mulai surut dan digantikan oleh kaum borjuis kota. Ditengah-tengah keadaan demikian timbullah nasionalisme Eropa Barat. Nasionalisme ini membangun kesadaran adanya perbedaan antar bangsa yang tajam. Nasionalisme semacam ini tumbuh menjadi suatu aliran yang penuh emosi dan sentimen, kecongkakan dan chauvinisme sehingga nasionalisme di Eropa Barat melahirkan kolonialisme, yaitu nafsu mencari daerah jajahan diluar benuanya sendiri.
Akibat Revolusi Industri
Munculnya golongan baru yang menginginkan keberadaannya diakui
Imperialisme => Kolonialisme
Mencari Bahan Baku
Menjelajah seluruh pelosok dunia
PENGARUH PENDIDIKAN DALAM PERGERAKAN NASIONAL
Gagasan politik etis oleh Van Deventer dalam majalah De Gids tahun 1899 yang berjudul hutang kehormatan dibayar dengan peningkatan kesejahteraan melalui irigasi, edukasi dan emigrasi. Politik etis dengan edukasinya mulai menghasilkan lulusan yang diserap oleh berbagai sektor kegiatan. Kebutuhan akan birokrasi dan administrasi kolonial makin meningkat dan untuk itu maka diperlukan pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan spesialisasi dan keahlinnya. Edukasi menghasilkan golongan elit baru yang makin lama makin tau kedudukannya dibedakan dibedakan dalam masyarakat kolonial. Terlebih lagi hasil pendidikan anak-anak Bumiputra, yang hanya ditujukan untuk menghasilkan tenaga kerja murah. Pendidikan yang ada pada masa itu hanya untuk anak-anak penguasa sedangkan golongan masyarakat kebanyakan sama sekali belum tersentuh, hal ini dikarenakan pemerintah kolonial dalam menyelenggarakan pendidikan terbentur oleh dana sehingga pendidikan diselenggarakan hanya beberapa tingkatan tidak serta merta tiap jenjang pendidikan dan terbatas pada golongan tertentu dengan syarat tertentu misal ; Biaya tinggi dan diwajibkan menguasai Bahasa Belanda. Dari golongan cendekiawan inilah muncul pembaharuan yang direalisasikan dalam bentuk pergerakan yang modern. Pengaruh politik etis dapat dikatakan sedikit demi sedikit membawa perubahan kearah perbaikan nasib dan usaha untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan.
PENDIDIKAN DI LUAR NEGERI (BELANDA)
Indische Vereegning ; disponsori oleh orang-orang Indonesia di Belanda. Muncul ide untuk mendirikan Perhimpunan-Perhimpunan di Indonesia. Misal: Suwardi Suryaningrat, Cokro Aminoto. Awalnya organisasi sosial kemudian menjadi organisasi politik. Pendidikan melahirkan pemikiran baru dengan muncul tokoh-tokoh untuk mengubah kondisi Indonesia pada saat itu.
BUDI UTOMO (BU)
LATAR BELAKANG BERDIRINYA
Politik etis didalamnya terkandung usaha untuk memajukan pengajaran bagi penduduk Bumiputra akan tetapi mengalami hambatan kekurangan dana belajar. Keadaan yang demikian ini menimbulkan keprihatinan dr. Wahidin Sudirohusodo, untuk dapat menghimpun dana itu maka pada tahun 1906-1907 melakukan propaganda keliling Jawa.  Ide dari Wahidin ini diterima dan dikembangkan oleh Sutomo mahasiswa STOVIA sehingga Budi Utomo resmi berdiri di Jakarta pada 20 Mei 1908. Corak baru yang diperkenalkan BU adalah kesadaran lokal yang diformulasikan dalam wadah organisasi modern dalam arti bahwa organisasi ini memilki pimpinan, ideologi yang jelas dan anggota.  BU adalah organisasi modern pertama dengan ikatan sosiokultural yang banyak diikuti oleh organisasi lainnya yang nantinya akan terjadi perubahan-perubahan sosio-politik.
TUJUAN
1. Tujuannya memberi pengajaran bagi orang Jawa agar mendapat kemajuan.
2. Usaha membangkitkan kembali kultur Jawa (Kombinasi Tradisi, Kultur, dan Edukasi Barat).
HAMBATAN BUDI UTOMO
1. Adanya reaksi yang kurang enak dari pemerintah kolonial
2. Priyayi Gedhe (bupati mapan) mendirikan suatu perkumpulan untuk mencegah eksistensi dan cita-cita BU yang dianggap menggangu stabilitas sosial mereka.
KONGGRES BUDI UTOMO (3-5 Oktober 1908)
· Terjadi perubahan orientasi yang awalnya terbatas pada kalangan priyayi kemudian menekankan cara baru untuk memperbaiki kehidupan rakyat.
· Terjadi pro kontra
Ø Golongan Muda : Jalur Politik (Melahirkan SI,IP)
Ø Golongan Tua: Jalur Sosio-Kultural 
Ø 
KEMUNDURAN BUDI UTOMO
Abad ke 20 kondisi sosio-politik makin matang sehingga BU mencari orientasi politik yang mantap dan mencari masa yang lebih luas. Akan tetapi pemerintah Belanda mengeluarkan kebijakan untuk membatasi dan menekan organisasi pergerakan nasional sehingga BU kehilangan wibawa yang mengakibatkan terjadinya perpisahan antar kelompok moderat dan radikal. Pengaruh BU makin berkurang pada tahun 1935, hal ini menyebabkan BU bergabung dengan Partai Indonesia Raya (PARINDRA)
INDISCHE PARTAJ (IP)
LATAR BELAKANG BERDIRINYA
Organisasi ini didirikan oleh E.F.E Douwes Dekker (Setyabudi) di Bandung pada 25 Desember 1912. Merupakan organisasi campuran orang Indo dan Bumiputra. IP menjadi organisasi yang kuat setelah bekerjasama dengan dr. Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) yang kemudian dikenal dengan sebutan tiga serangkai. Pada pertengahan tahun 1913 eksistensi IP dibatasi oleh pemerintah kolonial karena sifatnya yang radikal dengan menuntut kemerdekaan, para pemimpinnya yang tergabung dalam 3 serangkai diinternir akan tetapi mereka minta di eksternir ke Belanda.
Sekembalinya dari Belanda mereka mulai aktif lagi dengan mendirikan National Indische Partay (1919) yang merupakan kelanjutan dari IP. Organisasi ini merupakan organisasi politik pertama yang bertujuan memperoleh kemerdekaan.
TUJUAN
· Kerjasama orang Indo dengan Bumiputra untuk membangun patriotisme Bangsa Hindia kepada tanah air, dalam memperjuangkan kehidupan rakyat menuju kemerdekaan.
· Memperjuangkan persatuan nasional
HAMBATAN
· IP dianggap berbahaya dan dilarang  pada pertengahan 4 Maret 1913, pemimpinya ditangkap dan dibuang misal Douwes Dekker (Kupang), Cipto Mangunkusumo (Banda), dan Suwardi Suryaningrat (Bangka) lalu di eksternir ke Belanda
· Tidak mendapat pengakuan sebagai organisasi yang berbadan hukum
· Menjadi partai terlarang
SAREKAT ISLAM
LATAR BELAKANG BERDIRINYA
Adanya SI dipelopori oleh pedagang dari Solo yakni R.M Tirtoadisuryo pada tahun 1909. Dia mengemukakan idenya kepada H. Samanhudi untuk mendirikan suatu perkumpulan dagang. Atas dorongan R.M Tirtoadisuryo, maka H Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam (SDI) di Solo pada tahun 1912. 
Sebelum terbentuk SDI, di Solo sendiri sudah berdiri perkumpulan Cina-Jawa yang bernama Kong Sing (Persekutuan Dagang). Adanya revolui Cina, mengakibatkan hubungan antara pedagang Cina dengan Jawa merenggang.
Berdirinya SDI dilatarbelakangi oleh persaingan pedagang Jawa dengan Cina. Kemajuan usaha pedagang Cina menyebabkan mereka memiliki status yang lebih tinggi dari pedagang Jawa sehingga timbul perubahan tingkah laku dan arogansi pedagang Cina kepada pedagang Jawa.
SDI merupakan sebuah perkumpulan pedagang-pedagang muslim, yang berkembang dengan pesat akibat adanya beberapa faktor seperti ;
Ø Kesadaran sebagai bangsa mulai tumbuh akibat tekanan dari pemerintah kolonial
Ø Organisasi ini lebih bersifat kerakyatan
Ø Didasari agama Islam
Ø Persaingan dagang dengan pedagang Cina
TUJUAN SDI
· Menghidupkan kegiatan ekonomi pedagang Islam Jawa yang diikat dengan agama
· Menghimpun pedagang pribumi muslim agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar Tionghoa
SDI sebagai perkumpulan dagang beralih pusatnya ke Surabaya. Dibawah Oemar Said Cokroaminoto, SDI berubah menjadi SI (1912). Hal ini dilakukan agar organisasi ini tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi tapi juga dalam bidang politik.
Setelah pemerintah kolonial mengizinkan berdirinya partai politik maka SI yang semula berhaluan nonpolitik menjadi partai politik. SI mengirimkan wakilnya dalam Volksraad dan ikut memegang peranan penting dalam gabungan perkumpulan golongan radikal.
Konggres SI Ke-1
Diadakan di Bandung pada 1916 merupakan konggres nasional yang membahas agar penduduk Indonesia menjadi satu nation/bangsa.
Konggres SI Ke-2
Diadakan di Jakarta pada Oktober 1917 muncul aliran Sosialistis oleh Semaun dan Darsono
Konggres SI Ke-3
Diadakan di Surabaya pada 1913, pengaruh Semaun makin kuat dan menjalar ditubuh SI.
Konggres SI Ke-4
1919 => pengaruh sosial-komunis masuk ke tubuh SI dan cabang-cabangnya muncul ISDV
Konggres SI Ke-5
1921 => SI pecah menjadi SI putih (Yogyakarta) dan SI Merah (Semarang)
SI sebagai perkumpulan besar mulai dimasuki oleh ISDV seperti Semaun dan Darsono. Keduanya sangat aktif dalam organisasi sehingga berhasil duduk dalam pimpinan. Hal ini menyebabkan keretakan dalam tubuh SI. SI pecah menjadi SI Putih dibawah HOS Cokroaminoto dan SI Merah dibawah Semaun dan Darsono.
Kemudian HOS Cokroaminoto mengambil kebijakan disiplin partai, yakni harus memilih satu partai saja. Mereka yang tidak disiplin dikeluarkan dari SI. SI merah pun menjelma menjadi PKI (Partai Komunis Indonesia). PKI adalah ISDV yang didirikan oleh H. sneevlit
HAMBATAN SI
SI berkembang dengan pesat sehingga mendapat sorotan dari pemerintah kolonial. Pemerintah mengambil tindakan:
Ø kanalisasi terhadap SI dengan mengurangi desakan kuat sehingga tidak timbul satu kekuatan besar yang dapat menghancurkan eksistensi pemerintah.
Ø  Selain itu pemerintah hanya mau memberi badan hukum pada cabang-cabang SI. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwasannya hanya cabang lokal yang diakui secara resmi dan hubungan antara cabang dengan CSI (Central Sarekat Islam) diperlemah.
Ø CSI diberi badan hukum baru pada Maret 1916
Ø 1921 pecah menjadi SI Merah dan SI Putih
MUHAMMADIYAH
Perkumpulan Muhammadiyah merupakan aliran modernis Islamyang berdiri pada 18 November 1912 oleh K.H Ahmad Dahlan di Yogyakarta.
TUJUAN MUHAMMADIYAH
Memperbaiki agama dan umat Islam di Indonesia. Agama Islam sudah tidak utuh dan murni karena pemeluknya terkungkung dalam kebiasaan yang menyimpang dari Al Quran dan Hadist.
Membersihkan agama Islam dari Musyrik dan Bid’ah
Menekankan perjuangan Sosio-Religius
Menyelenggarakan perbaikan pendidikan yang mencakup pembentukan manusia muslim dan berbudi dan paham akan masalah dunia dan akhirat
Menyelenggarakan sekolah dengan sistem modern yaitu adanya mata pelajaran Barat ditambah dengan pelajaran agama.


Dalam bidang sosial sepeti mendirikan rumah sakit, poliklinik dan rumah yatim piatu yang dikelola oleh lembaga-lembaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar