Senin, 14 Oktober 2013

SEJARAH PEMIKIRAN

SEJARAH PEMIKIRAN
Sejarah pemikiran mengkaji tentang pemikiran itu sendiri, kemudian mencapai puncaknya pada majunya IPTEK beserta dampaknya. Materi sejarah pemikiran :
1. Pengertian sejarah pemikiran
2. Latar belakang pemikiran yunani kuno ->  PRA SOCRATES
3. Antroposentris, Teosentris
4. Sekularisme dan kehidupan bebas nilai
5. Pemikiran tokoh-tokoh dalam Islam
· Ibnu Khaldun
· Al Farabi
KONSEP DASAR SEJARAH PEMIKIRAN
1. a. Sejarah dari kegunaan manusia yang berupa hasil-hasil dari proses berpikir
b. Mempelajari proses perkembangan berpikir manusia, karena manusia adalah makhluk yang cerdas
c. Dua periode proses berpikir manusia :
· Periode belum bisa dicatat sebagai fakta sejarah
· Periode proses berpikir yang sudah dicatat
2. A. Contoh hasil berpikir manusia : piramid di Mesir, alat-alat kuno di Indonesia
B. Bukti kecerdasan : Alat yang dibuat semakin lama semakin halus
C. Sumber pokok / Aktivitas berpikir manusia : akal, rasio meski secara fisik manusia itu lemah.
D. Akal didukung oleh Rasa dan Karsa
AKAL  =>  Mendapat Kebenaran
RASA  =>  Mendapat Keindahan
KARSA  => Mendapat Kebaikan / Sumber Norma
3. Manusia sebagai :
Animal of Problematik
Makhluk yang selama hidup berada di dalam permasalahan
Yang menjadi masalah bukan kebenaran dari pendapat/ pemikiran-pemikiran saat itu, tapi keberanian dalam mengungkapkan pendapat di tengah kuatnya kepercayaan masyarakat.
Tema-Tema Dalam Pemikiran :
Ø Pemikiran Yunani Kuno
Ø Pemikiran Timur (Asia, Tiongkok, India)
Ø Proses Terbentuknya Isme-Isme Dewasa Ini
4. Dalam perkembangan antara kepercayaan dan kekuatan berpikir saling bertentangan, Sesudah jaman modern manusia sadar tidak perlu adal pertentangan antara pemikiran manusia dengan kepercayaan.
ALBERT EINSTEIN “ Agama tanpa ilmu lumpuh, ilmu tanpa agama buta”.
Keberanian mengungkapkan pemikiran mengakibatkan perkembangan budaya, meskipun memunculkan masalah yang sebelumnya tidak pernah ada.
1. Latar belakang pemikiran Yunani Kuno (Pra Socrates)
Berikut adalah para filsuf pra Socrates abad VI SM (Thales, Anaximadros, dan Anaximenes).
CIRI-CIRINYA:
· Mereka menaruh perhatian khusus akan alam dan kejadian ilmiah.
· Tertarik pada perubahan terus menerus yang dapat disaksikan dalam alam.
· Mencari asas dibalik perubahan yang terus menerus.
1. THALES
Ø Berprinsip pada “Air”.
Ø Berpendapat bahwa bumi terletak diatas air.
2. ANAXIMADROS
Ø Berprinsip pada “Yang Tak Terbatas”.
Ø Bumi berada dipusat jagat raya dengan jarak yang sama terhadap semua badan yang lain.
3. ANAXIMENES
Ø Berprinsip pada “Udara”.
Ø Persamaan antara tubuh manusia dengan udara.
Ø Udara di alam semesta ibarat jiwa yang dipupuk dengan pernapasan didalam tubuh manusia.
Para filsuf abad ke V SM terdiri dari (Herakleitos, Pythagoras, Parmenides dan Demokritos).
1. HERAKLEITOS
· Segala sesuatu “mengalir”
· Didalam dunia tidak ada yang tetap
· Api lambang perubahan
2. PYTHAGORAS
· Jiwa tidak dapat mati (Reinkarnasi)
· Gejala fisis dikuasai oleh hukum matematis berupa bilangan-bilangan
· Kosmos bahwa jagad raya bukanlah bumi melainkan api
3. PARMENIDES
· Kenyataan sama sekali tidak “berubah” (bersifat kekal)
· Yang ada dan yang tidak ada. Yang ada adalah satu tidak dapat dibagi-bagi
4. DEMOKRITOS
· Konsep tentang atom (atomisme), bahwasanya jiwa terdiri dari atom
Puncak zaman Yunani
1. SOCRATES
· Membela yang benar dan yang baik sebagai nilai objektif yang harus dijunjung oleh manusia.
2. PLATO
· Menyumbangkan ajaran tentang “Idea”
3. ARISTOTELES
· Terkenal dengan teori bentuk materi (Hyle dan Morphe)
2. Teocentris – Antropocentris
Teocentris merupakan trend manusia yang menjadikan Tuhan sebagai objek pemikiran.
Antropocentris beranggapan bahwa kehidupan tidak berpusat pada Tuhan melainkan berpusat pada manusia.
3. Sekularisme dan kehidupan bebas nilai
Sekularisme adalah sebuah ideologi sosial yang merupakan pemisah antara agama dengan segala aspek kehidupan. Agama tetap diakui tetapi tidak boleh turut ikut campur dalam urusan masyarakat. Peran agama menjadi terbatas pada urusan privat saja yakni interaksi antara manusia dengan Tuhannya. Agama tidak mengurusi urusan publik yakni interaksi antara manusia dengan manusia seperti ekonomi, politik, dan sosial.
SEKULARISME lahir di Eropa, merupakan kompromi pemikir abad pertengahan seperti pemikiran Machiavelli, John Locke, dan Montesque yang berpendapat bahwa segala sesuatu dikembalikan pada kekuatan akal manusia dan mengingkari keberadaan Tuhan dengan cara menolak hagemoni agama dan gereja katholik.
Perkembangan Sekularisme : Manusia menjadi semakin sekuler secara alamiah (Sekulerisasi).
Pendukung Sekulerisme :
1. Pencerahan.
2. Ilmu Pengetahuan.
3. Rasionalisme.
4. Menjauh dari Agama dan Tahayul.
Penentang Sekularisme
1. Pemerintah dengan etos keagamaan lebih baik.
2. Ideologi anti agama / Ateis.
3. Semangat sekularisme mendorong adanya liberalisme dalam berpikir disegala bidang.
4. Pemikiran 
a. Ibnu Khaldun
Lahir di Tunis pada 27 Mei 1332 dan wafat di Kairo pada 16 Maret 1406. Beberapa karyanya : Al’Ibar dan Al Muqaddimah.
Pemikiran Tentang Sejarah
ž Sebuah sejarah harus dilihat dari berbagai aspek 
ž Faktor penggerak sejarah (ilahi) & (alami)
ž Sejarah ditentukan oleh Ashabiyah 
ž Menekankan betapa pentingnya kritik sumber intern/ekstern
Pemikiran Tentang Politik
· Organisasi masyarakat menjadi suatu keharusan
· Diperlukan pemimpin (khalifah)
· Eksistensi tidak tergantung dari nubuwwah, melainkan dari peraturan-peraturan
Pemikiran Tentang Ekonomi
· makna yang sebenarnya dalam kehidupan 
· penguasa menjamin mata pencaharian rakyat serta mengawasinya 
· keamanan hak milik 
· perlakuan adil terhadap pemilik modal 
· perkonomian primitif (badhawah) 
· masyarakat modern (hadarhah)
· Penguasa tidak terlibat langsung dalam perekonomian 
Pemikiran Tentang Pendidikan
· Prinsip Pembiasaan.
· Prinsip tadrij (berangsur-angsur).
· Prinsip pengenalan umum (generalistik).
· Prinsip kontinuitas.
· Memperhatikan bakat dan kemampuan peserta didik.
· Menghindari kekerasan dalam mengajar.
b. Al Farabi
· Lahir di Wasij, Farab Transoxania pada tahun 870 M
· Pemikirannya condong kepada logika


· Yakin dengan adanya hukum sebab akibat dan mempercayai adanya takdir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar